Sabtu, 10 Oktober 2015

MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PERKEMBANGAN INTERNET

Mengatasi Dampak Negatif Dari Perkembangan Internet

Pesatnya perkembangan teknologi informasi tidak hanya menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan manusia, tetapi juga banyak menuai dampak negatifnya. Untuk itu, Adapun solusi yang dapat di dikembangkan dalam meminimalisir dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi atau internet.

A.    Cara Mengatasi Dampak Teknologi Informasi atau Internet
  1. Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang cara menggunakan teknologi informasi dengan baik dan tidak melanggar etika. Sehingga teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan semestinya.
  2. Pemerintah harus membuat suatu peraturan yang tegas terhadap setiap pelanggaran penggunaa teknologi informasi yang merugikan orang lain dan negara.
  3. Masyarakat juga harus di beri bimbingan untuk menggunakan teknologi yang di kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah di kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
  4. Blokir situs-situs dan halaman web yang tidah edukatif serta menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan banyak orang.
  5. Atur waktu dan jadwal kegiatan menggunakan teknologi informasi. Agar tidak berlebihan dalam penggunaanya.
  6. Memperkuat nilai-nilai agama yang utamanya ditanamkan pada anak-anak dibawah umur.
  7. Peran Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi harusnya lebih jeli untuk menyaring terhadap apa yang masyarakat akses di dunia maya.
  8. Bimbingan orang tua terhadap anaknya juga penting untuk mengendalikan serta menyaring apa saja yang anaknya akses didunia maya sehingga tidak melanggar nilai-nilai agama.

DAFTAR PUSTAKA

Syaripudin, Acep dkk. 2010. Internet Sehat. Creative Commons. Diakses 7 Januari 2016, dari Google.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar